Nabi Syam'un Al-Ghazali AS - Nabi Perkasa ~ Ari Wiraasmara
Memuat...
Minggu, 29 Desember 2013

4 Shalat Sunnah Yang Paling Mustajab

Di pembahasan-pembahasan sebelumnya, saya pernah membuat postingan tentang shalat-shalat sunah. Tentunya Anda sudah tau kan? Dan perlu Anda ketahui, bahwa shalat-shalat sunah ini adalah sebagai pelengkap keutamaan Anda dalam beribadah, dan juga sebagai nilai tambahan untuk bisa menuju langkah yg sukses baik di dunia maupun di akhirat. Dan terlebihnya lagi Anda sudah tau kan keutamaan dari shalat-shalat sunah ini?

Kamis, 19 Desember 2013

5 Khasiat Sehat Madu

Kita sudah tau khasiat madu, dan kebanyakan masyarakat umum pun termasuk Anda tentu juga sudah tau apa sajakah khasiat madu itu. Tapi, ada 5 khasiat sehat madu lainnya yg belum Anda ketahui dan perlu Anda ketahui, apakah Anda tau apa sajakah itu?

Selasa, 10 Desember 2013

Rahasia Mentimun

Semua orang tau apa itu mentimun, sayuran yg memberikan manfaat seperti menurunkan tekanan darah, melawan kanker, meringankan sakit asam urat dan rematik, menyembuhkan diabetes, dan mengurangi kolesterol. Tapi taukah Anda manfaat lain dari mentimun ini. Seperti rahasia manfaat tersembunyi, manfaat apakah itu?

Rabu, 04 Desember 2013

Hardware Dan Fungsinya

Sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer apa itu hardware (perangkat keras), bahkan untuk pengguna awam sekalipun tau, karena setiap kali Anda menggunakan komputer langsung berhubungan dengan berbagai hardware yg digunakan, seperti mouse, keyboard, monitor, speaker, printer & scanner, dan masih banyak lagi. Namun, apakah Anda tau peranan dan fungsi hardware yg Anda gunakan pada komputer/laptop Anda?

Kamis, 07 November 2013

Drakula

Apa kalian tau Drakula? Ya, pasti Anda tau itu? Apakah Anda percaya kalo Drakula itu benar-benar ada? Percaya atau tidak tapi ini benar-benar ada. Apakah Anda tau kisah awal mula keberadaan Drakula? Maybe yes, maybe no. Dari berbagai info yang saya dapat dia yang sebenarnya adalah seorang pengkhianat Islam dan pembunuh Islam, dan kisah ini masih berhubungan dengan perang salib dahulu.

Sabtu, 19 November 2011

Nabi Syam'un Al-Ghazali AS - Nabi Perkasa

Wew...siapakah Nabi Syam'un A.S. itu? Yang pasti dia sama seperti nabi-nabi yg lainnya dan dia adalah utusan Allah swt.. Tapi, apakah Anda pernah mendengar nama Nabi yg satu ini? Maybe yes maybe no. Nabi Syam'un ini tergolong unik bagiku, karena dia di anugerahi oleh Allah dgn kekuatan yg luar biasa seperti superman (tapi gk bener-bener kyk superman banget sih). Wow, hebat sekali ya... Nabi Syam'un mampu melembutkan besi, mampu menewaskan binatang buas dan berkemampuan untuk mengangkat tiang istana dan merobohkannya (wow, nabi super...hehe... :p). Tapi, apakah Anda tau? Kisah Nabi yg satu ini pernah di film kan oleh pihak barat, yg berjudul "Samson And Delilah". Tapi itu sudah lama dan tak pernah ditayangkan lagi (sayang yah, coba kalo masih ada, pengen nonton loh, hehe... 8D 8p).


Simson: Ibrani, شمشون : Arab atau Syam'un artinya 'yang berasal dari matahari'. Nabi Syam'un adalah salah seorang Nabi dari kalangan Bani Israil.

Pada suatu saat malaikat Jibril AS datang menemui nabi Muhammad SAW, kemudian menuturkan cerita tentang seorang laki-laki. Nama orang itu adalah Syam`un Al Ghazy, dia telah memerangi orang-orang kafir selama seribu bulan, sedangkan senjata yang digunakannya hanyalah jenggot unta.

Dikisahkan setiap kali dia memukul orang kafir dengan jenggot untanya tersebut, maka sudah dapat dipastikan orang yang bersangkutan akan langsung tewas. Entah sudah berapa banyak orang yang mati ditangan Syam`un yang memiliki senjata yang sangat aneh itu.

Kisah Nabi Syam'un/Samson ini tidak terdapat dalam Al Quran namun kisah Syam'un ini ada pada kitab Qisasul Al Anbiya'. Dalam kitab itu dikatakan bahwa Nabi Muhammad S.A.W. tersenyum sendiri, lalu ditanya oleh sahabatnya, "Apa yang membuatkanmu tersenyum wahai Rasulullah?". Muhammad menjawab, "Diperlihatkan kepadaku hari akhir ketika seluruh manusia dikumpulkan di mahsyar, ada seorang Nabi dengan membawa pedang yang tidak mempunyai pengikut satupun, masuk ke dalam syurga. Beliau adalah Syam'un".

Dalam kitab Muqasyafatul Qulub karangan Imam Ghazali ada menceritakan bahawa Rasulullah S.A.W. berkumpul pada bulan suci Ramadhan. Di dalam usrah itu Rasulullah S.A.W. bercerita mengenai Nabi Allah S.W.T. bernama Syam'un A.S. Rasulullah S.A.W. menggelarnya Sam’un Ghazi.

Syam'un A.S. telah dianugerahkan oleh Allah S.W.T. dengan kekuatan luar biasa seperti berkebolehan melembutkan besi, mampu menewaskan binatang buas dan berkemampuan untuk mengangkat tiang istana dan merobohkannya.

Nabi Allah ini menentang keras perbuatan kaumnya yang ingkar dengan perintah Allah S.W.T. Pada masa itu, Raja Israil sendiri adalah seorang yang ingkar dengan perintah Allah dan zalim pula terhadap rakyatnya. Sifat bongkak raja tersebut mengundang rasa benci beliau terhadap raja tersebut sehingga menyebabkan baginda tidak henti-henti untuk berdakwah kepadanya walau dengan apa cara sekalipun.

Sifat istiqamah Syam'un A.S. mengundang padah padanya apabila beliau berjaya ditangkap setelah isterinya sendiri mengkhianatinya. Syam'un A.S. pernah berkata kepada isterinya berkenaan kelemahan dirinya yang boleh dilemahkan dengan mengikat dirinya dengan rambutnya sendiri. Akhirnya Syam'un A.S. ditangkap.

Menghadapi kekuatan Syam`un yang teramat sulit ditandingi, maka orang- orang kafir yang jumlahnya tak terhitung itu merasa kewalahan. Dan karena sudah kehabisan cara, akhirnya mereka berusaha membujuk isteri Syam`un yang juga termasuk orang kafir, agar mau diajak bersekongol untuk bersama-sama membunuhnya.

“Kami akan memberimu uang dan harta yang sangat banyak, agar engkau bersedia membunuh suamimu!” kata  salah seorang diantara kafir itu kepada isteri Syam`un.

“Saya tidak mampu membunuhnya,” jawab isteri Syam`un.

“Kami akan memberimu tali yang sangat kuat. Dengan tali itu, ikatlah kedua tangan dan kakinya sewaktu tidur. Setelah itu kamilah nanti yang akan membunuhnya,” kata orang kafir itu lagi.

Wanita kafir ini pun menyanggupinya, dan berhasil melakukan apa yang diperintahkan oleh orang- orang yang memusuhi suaminya.

Alkisah, ketika bangun tidur, tentu Syam`un merasa sangat terkejut mendapati kedua tangan serta kakinya sudah dalam keadaan terikat dengan tali yangi sangat kuat.

“Siapa gerangan orang-orang yang telah mengikat saya” tanya Syam’un sambil menatap isterinya.

“Akulah yang telah mengikatmu, sekadar untuk mencoba kekuatanmu saja”, jawab isterinya. Rupanya sang isteri sengaja menjawab demikian dengan pertimbangan bila ternyata suaminya nanti mampu melepaskan diri dari ikatan itu, maka hal itu tak akan membahayakan dirinya. Kenyataannya Syam’un memang berhasil melepaskan diri.

Tak berhasil dengan cara itu, orang-orang kafir itu kemudian datang lagi sambil membawa rantai yang sangat kokoh. Isteri Syam’un lagi-lagi menyatakan kesediaannya untuk melakukan apa yang dikehendaki oleh mereka dan berhasil. Ya… suaminya diikat dengan menggunakan rantai tersebut.

“Siapakah orang yang telah mengikat saya dengan rantai ini?" Tanya Syam`un kepada isterinya, saat terbangun dari tidurnya.

“Saya yang melakukan itu,  sekadar untuk menguji kekuatanmu”, jawab isterinya...

Maka Syam`un pun lalu menarik tangannya, dan seketika rantai yang membelenggu tangan serta kakinya langsung terputus.

“Hai isteriku, saya adalah seorang Wali Allah. Tak ada seorangpun yang akan sanggup merontokkan kekuatan saya, kecuali rambutku ini!” jelas Syam`un. Perlu diketahui, laki-laki yang dinugerahi karamah luar biasa oleh Allah SWT ini memang rnemiliki rambut yang sangat panjang. Disitulah rupanya letak kekuatannya (Kisah ini lah yang meng-inspirasikan kisah Samson).

Isteri Syam’un pun menyimak baik- baik apa yang dikatakan oleh suaminya itu. Malam harinya dengan nekad dia kemudian memotong rambut Syam`un selagi Syam`un sedang tidur, dan mengikatnya. Alat atau tali yang digunakan untuk mengikat tak lain adalah rambutnya itu pula.

Ketika Syam`un terbangun dari tidurnya, lagi-lagi dia merasa terkejut karena tubuhnya telah dalam keadaan terikat.

“Siapakah yang telah mengikat tubuhku ini?” tanyanya kemudian. Dan isterinya pun memberi jawaban sama seperti yang sudah-sudah.

Syam`un menarik tali yang mengikat tubuhnya. Tetapi kali ini, meskipun sudah berusaha dengan sekuat tenaga, dia tetap tak bisa melepaskan tali pengikat yang terbuat dari rambut kepalanya sendiri itu.

Menyaksikan usahanya telah berhasil, isteri Syam`un buru-buru menemui orang kafir dan menceritakan apa yang terjadi. Maka segeralah mereka menemui Syam`un  lalu membawanya ke tempat penjagalan manusia. Laki-laki ini diikat disebuah tiang yang ada disitu dan orang-orang kafir itu kemudian memotong- motong anggota tubuhnya. Dengan sadisnya mereka mencungkil matanya, memotong kedua tangan dan kakinya, telinganya, lidahnya, bibirnya ,dan lain-lain.

Namun, ia tidak menghalang dirinya untuk terus berjuang menentang kebatilan. Syam'un A.S. berdoa kepada Allah S.W.T. agar dikembalikan kekuatan yang dianugerahkan kepadanya dahulu. Allah S.W.T. memakbulkan doa baginda.

Dia lalu berfirman kepada Syam`un : “Apakah yang engkau kehendaki Syam`un?”

Syam`un pun menjawab, “Saya menghendaki agar Engkau memberi kekuatan kepada saya, sehingga nantinya mampu meruntuhkan tiang bangunan dan reruntuhannya menimpa mereka.”

Allah SWT pun memberikan kekuatan luar biasa kepadanya. Lalu Syam'un menggerakkan tubuhnya, menyebabkan tiang bangunan menjadi patah berantakan, disusul ambruknya seluruh badan bangunan tersebut menimpa orang-orang kafir, termasuk isteri Syam`un semuanya langsung tewas.

Adapun Syam`un sendiri diselamatkan oleh Allah SWT, bahkan Dia juga mengembalikan semua anggota tubuhnya. Selepas kejadian itu, Syam'un A.S. kemudian bersumpah untuk beribadah selama 1000 bulan tanpa henti. Daripada kisah yang diceritakan inilah, maka datang wahyu berkenaan malam Lailatul Qadar yang sama dengan keberkatan 1000 bulan.

Hal ini adalah kerana terdapat sahabat baginda Rasulullah S.A.W. yang bertanya kepada baginda untuk mereka ikut jejak langkah Nabi Syam'un A.S. Salah seorang diantara para sahabat lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah engkau mengetahui?” (maksudnya pahala ibadah Syam`un).

Rasulullah SAW mengatakan bahwa Beliau tidak mengetahui, berapa banyak pahala yang dianugerahkan Allah kepada Syam`un tsb. Dan Baginda terdiam sejenak sebelum malaikat Jibril datang menurunkan wahyu kepada baginda Rasulullah S.A.W. mengenai satu malam pada bulan Ramadhan yakni malam Lailatul Qadar. Oleh karena itu maka Allah SWT kemudian menurunkan surat Al-Qadar melalui malaikat Jibril AS. Pada surat ini Allah menjelaskan, bahwa ibadah yang dilakukan seseorang pada malam Qadar (salah satu malam dibulan Ramadhan), yaitu sesiapa yang beribadat pada malam tersebut, pahala amalannya menyamai 1000 bulan beribadat.

Tapi, sayang sekali, Syam'un A.S tak mempunyai pengikut satupun. Tapi, Syam'un telah diberikan pahala yg berlimpah yg sama dengan 1000 bulan beribadat. Ya, itulah kisah tentang Nabi Syam'un A.S.. Kini, yg belum tau sekarang sudah tau, dan yg sudah tau makin tau. Ya, mudah-mudahan kisah ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber:
http://alfateh90.blogspot.com/2011/06/nabi-syamun-as.html
http://kelakarpena.wordpress.com/2010/05/17/syamun-al-ghazy/




Jika Anda suka dengan postingku ini, jangan lupa Sharing dan berikanlah Rating Anda. :)
Silahkan berlangganan post disini. Terima kasih. ^_^


If You like this my post, don't forget to Sharing and give Your Rating. :)
Please subscribe the post here. Thanks. ^_^



0 Comments:

Click Here To Add Comment

Poskan Komentar


Terima kasih telah membaca. :) Silahkan tinggalkan komentar Anda diposting ini.

Komentar Anda akan bermanfaat bagi saya untuk bisa membangun blog ini menjadi lebih baik lagi. Untuk bisa mengetahui pesan balasan dariku, klik 'Subscribe by Email'. Maaf! Saya tidak menerima komentar jika Anda menggunakan sebagai 'Anonymous'. Dan saya tidak menerima komentar yg isinya bersifat negatif.

Terima kasih.
Hormat,
Syahri Ramadhan Wiraasmara (ARI).

View Post - Tukar Link - Buku Tamu - Report Broken Link